Pengusaha Wajib Tahu! Perbedaan Unicorn, Decacorn dan Hectocorn
publish on : 28 Feb 2020
Topic : Business

Debat Capres yang dihelat pada 17 Februari 2019 lalu menyinggung istilah yang masih agak asing di telinga orang awam, yaitu pertanyaan yang terlontar dari Capres nomor urut 1, Joko Widodo (Jokowi).

Pada satu kesempatan, Jokowi melempar pertanyaan pada Prabowo Subianto mengenai dukungan untuk pengembangan Unicorn di Indonesia. Tapi seiring berjalannya waktu kita mulai mendengar decacorn dan hectocorn juga. Sebenarnya, apa sih perbedaan Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn?

Di mana dalam tingkatan startup, Unicorn ini harus naik tingkat lagi agar menjadi Decacorn dan kemudian naik kelas lagi menjadi hectocorn. Begitu pun dengan Decacorn yang harus melangkah sedikit lagi untuk mencapai Hectocorn.

Jadi bisa dibilang, goals-nya startup atau perusahaan rintisan ini adalah mencapai Hectocorn. Karena perbedaan ke 3 istilah startup tersebut terletak pada nilai valuasi bisnis dari setiap Perusahaan Startup. Di mana istilah Unicorn sebesar 1 Miliar USD, Decacorn 10 Miliar USD, dan Hectocorn sebesar 100 Miliar USD.

Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan antara Unicorn, Decacorn dan Hectocorn:

1. Unicorn 

Image result for unicorn business

Istilah Unicorn berasal dari spesies kuda putih mitologi dengan satu tanduk di dahi. Perusahaan bergelar Unicorn adalah bisnis yang nilai valuasinya sudah mencapai USD$ 1 juta atau setara Rp 14 triliun. Hewan Unicorn digunakan dalam konteks perusahaan startup karena sama seperti Unicorn, kehadiran perusahaan startup yang dapat mencapai nilai valuasi sebesar US$1 miliar cukup langka dan terdengar agak mustahil.

Julukan ini diperkenalkan oleh Aileen Lee, pendiri perusahaan investasi Cowboy Ventures dalam artikelnya berjudul “Welcome to the Union Club: Learning from Billion-Dollar Startups.”

Di Indonesia, rasa mustahil akan perusahaan Unicorn perlahan mulai menghilang, mengingat beberapa perusahaan terkenal sudah mencapai peringkat ini, seperti Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, dan OVO. Setelah mencapai level Unicorn, perusahaan-perusahaan ini akan melangkah ke level selanjutnya, Decacorn.


2. Decacorn

Image result for decacorn business

Decacorn adalah gabungan dari kata “deka” (bahasa Yunani) yang berarti angka 10 ditambah akhiran dari “Unicorn.” Sesuai namanya, perusahaan berlevel Decacorn adalah perusahaan yang mempunyai nilai valuasi 10 kali lipat dari Unicorn, yaitu sebesar US$10 miliar. Beberapa perusahaan Asia yang sudah mencapai level ini adalah Toutiau (Bytedance), DJI Innovations, Grab dan tujuh perusahaan lain.

Tak mau kalah, Indonesia juga mempunyai perusahaan bergelar Decacorn. Berdasarkan data dari CBInsight Real Time Unicorn Tracker pada tahun 2019, Gojek menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang berhasil mencapai level ini. Perusahaan marketplace, Tokopedia, diharapkan dapat menyusul kesuksesan Gojek mencapai gelar Decacorn pada 2020.


3. Hectocorn

Image result for hectocorn business

Sementara istilah yang tertinggi pada tingkatan startup adalah Hectocorn dimana istilah ini diberikan kepada Startup yang nilai valuasinya mencapai US$ 100 miliar. Hectocorn juga lebih dikenal dengan istilah “Super Unicorn”. Mengingat nilai valuasinya yang sangat tinggi, masih sangat sedikit startup dengan julukan Hectocorn yang ada didunia ini. Bisa dibilang Hectocorn masih sangat langka ada didunia, bahkan informasi untuk startup Hectocorn masih sangat sulit diperoleh.

Tapi jika dilihat dari nilai valuasinya, perusahaan raksasa teknologi seperti Google, Microsoft, Apple, dan Facebook sudah tentu berhak menyandang status Hectocorn. Tapi tidak menutup kemungkinan di masa depan, akan banyak startup-startup Unicorn maupun decacorn yang menyusul menempati jajaran Hectocorn. Kemungkinan ini akan lebih diperkuat lagi karena kenyataannya bisnis startup teknologi merupakan bisnis yang terus meningkat pesat.

Terima kasih sudah membaca sampai habis. Silahkan Anda:

1. Bagikan kepada teman lainnya, agar bisa sama-sama belajar. Klik Tombol Bagikan

2. Klik laruno.com/blog untuk cek artikel lainnya.

3. Klik laruno.com/products untuk cek produk-produk menarik lainnya dari larunocom.

1 orang menyukai ini
1 KOMENTAR
Sign up atau Login untuk berkomentar, suka & bagikan.